logo_alfamart.png
eng_icon.png English ind_icon.png Bahasa
en.png id.png callcenter.png
Ini Hasil Donasi Konsumen Alfamart, Diserahkan 60 Unit Rumah Layak Huni di Gresik

Ini Hasil Donasi Konsumen Alfamart, Diserahkan 60 Unit Rumah Layak Huni di Gresik


GRESIK – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk kembali membangun rumah layak huni melalui program Kampung Alfamart, yang dananya dikumpulkan dari konsumen Alfamart  di toko pada periode 1 – 31 Maret 2016 dan terkumpul sebesar Rp 2,136 miliar.

Kali ini sebanyak 60 unit rumah diserahterimakan di wilayah Dusun Randusongo, Desa Kesamben Kulon, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Bupati Gresik, Sambari Halim mengapresiasi keterlibatan jaringan toko modern dalam mengentaskan kemiskinan di wilayah Gresik. “Sesuai data Bappeda Gresik, Kecamatan Wringinanom ini merupakan kecamatan dengan jumlah pendudukan miskin terbanyak di Gresik,” ujarnya di sela peresmian Kampung Alfamart, Senin (27/2/2017).

Sesuai pendataan awal, tambahnya, ada sekitar 20.000 KK di Gresik yang merupakan kategori miskin. Namun setelah diverifikasi kembali oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Gresik tahun lalu tinggal 14.000 KK yang miskin dan rentan miskin.

“Kemudian ada verifikasi melalui sensus lanjutan kini tersisa 6.000 KK yang benar-benar miskin dan namanya tercatat dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK) Keluarga Miskin,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya berharap, seluruh stakeholders yang menjalankan bisnis di wilayah Gresik memiliki visi dan misi yang sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

“Ada beberapa perusahaan swasta yang juga telah memberikan bantuan serupa. Kami berterima kasih atas partisipasi Alfamart dengan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia yang punya kepedulian terhadap masyarakat Gresik. Semoga keterlibatan masyarakat dalam ikut membangun Gresik bisa lebih banyak lagi,” ujarnya.

Kepala Cabang Alfamart Sidoarjo, Basuki Rakhmat menjelaskan pembangunan rumah ini hasil dari donasi konsumen dengan nilai sumbangan berkisar Rp 100 - Rp 400.


"Jadi kalau ada yang bertanya siapa yang menerima bantuan, ini salah satu jawabannya. Peruntukan donasi konsumen diutamakan bagi masyarakat prasejahtera agar dapat membantu program pemerintah dalam ikut mensejahterakan masyarakat” jelasnya.

 

Selain rumah yang siap huni sebanyak 60 unit, akan ada tambahan lagi beberapa unit rumah disertai pembangunan fasilitas umum (fasum) berupa air bersih yakni pengeboran sumur tanah di kawasan ini juga.


Basuki, menerangkan bahwa proses survey pembangunan rumah layak huni ini memakan waktu cukup lama. “Sebab melibatkan verifikasi terbuka dari warga atau tetangga kiri dan kanannya. Dan disetujui bahwa semua bangunan lama rumah semi permanen dirobohkan dan dibangun mulai dari nol rumah baru yang layak huni.  ” jelasnya.

Sambutan warga Dusun Randusongo Desa Kesamben Kulon sangat baik terhadap program ini. “Penduduk di sini responsif bahu-membahu dalam proses pembangunannya mulai membangun fondasi hingga pengecatan,” imbuhnya.

Data 2015, ada sebanyak 7,9 juta rumah di Indonesia yang berstatus tidak layak huni. “Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, butuh uluran tangan dari banyak pihak termasuk swasta seperti Alfamart,” katanya.

Alfamart sejak 2013 telah menjalankan program pembangunan rumah layak huni. “Namun pembangunan dalam satu kampung seperti program Kampung Alfamart, baru di 2014 di Semarang sebanyak 65 unit dan 2015 di Batam sebanyak 45 unit serta di Gresik ini, sebelumnya pembangunan rumah layak huni terpencar dibeberapa wilayah Tangerang, Surabaya, dan Medan sebanyak 41 Unit Rumah ,” tambah Basuki.

Rumah yang dibangun di Kampung Alfamart Gresik ini berukuran 32,5 meter persegi dengan anggaran berkisar Rp 30-40 juta per unit.

Salah satu pemilik rumah, Samsuri, 45, awalnya sempat terkejut ketika ia terpilih mendapat bantuan “Saya dan istri terharu ketika rumah saya akan dirubuhkan untuk dibangun ulang agar menjadi layak huni. Ketika proses pembangunan rumah kemarin kami sekeluarga tinggal di tempat darurat. Tidak apa-apa, itu kan hanya sekitar 1 bulan selama proses pembangunan. Yang jelas, kami sangat berterima kasih pada konsumen Alfamart yang sudah banyak membantu. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami,” timpal bapak dua anak yang sehari-hari bekerja sebagai kuli bangunan ini.

Basuki pun berharap dengan semakin besarnya dukungan dari konsumen maka semakin banyak masyarakat prasejahtera yang bisa menerima manfaatnya. "Uang yang disisihkan sekalipun kecil nilainya bisa bermanfaat besar setelah kami kumpulkan," sambungnya.

Klarifikasi PT Sumber Alfaria Trijaya TBK terkait Kesalahan Input Nominal Belanja oleh Karyawan
Sabtu, 08/08/20 13:21 WIB
Menanggapi Isu yang beredar luas terkait dengan kontent video Perbedaan nominal belanja yang dilakukan oleh Oknum Karyawan Alfamart dengan ini Pihak PT Sumber Alfaria Trijaya TBK telah dikonfirmasi bahwa Karyawan tersebut memang benar bersalah. Kesalahan terjadi dikarenakan Karyawan Yang Bersangkutan tidak menjalankan transaksi sesuai SOP yang ditetapkan perusahaan sehingga mengakibatkan nilai belanja Konsumen lebih besar dari yang seharusnya. Oleh karena itu, sanksi tegas terhadap Karyawan tersebut telah diberikan dan yang bersangkutan sudah mengundurkan diri. Masalah yang terjadi juga telah diseslesaikan secara Kekeluargaan Alfamart sebagai perusahaan Retail Indonesia selalu mengedepankan pelayanan terbaik untuk pelanggan, Kami menerima Saran dan Kritik dari Masyarakat untuk meningkatkan Kualitas pelayanan saat berbelanja di Toko Alfamart terdekat. Terima Kasih
Imbas Covid-19 Alfamart dan Alfamidi Gratiskan Biaya Sewa Tenant kepada lebih dari 12.000 UMKM
Selasa, 28/04/20 22:05 WIB
Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda, Alfamart dan Alfamidi memberi keringanan kepada mitra UMKM atau tenant yang berjualan di depan gerainya berupa pembebasan biaya sewa, manajemen telah memutuskan pembebasan biaya sewa periode April s/d Mei 2020 Pembebasan biaya sewa selama dua bulan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR Alfa Group kepada mitra UMKM nya agar bisa bertahan dan meringankan beban usaha mereka. "Kami sadar pandemi ini berdampak ke banyak aspek, terutama kepada UMKM yang mengalami tantangan semakin keras, untuk itu inisiatif kami adalah memberi pembebasan biaya sewa kepada tenant di depan gerai periode April kemarin hingga Mei,” jelas Solihin, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Lebih lanjut ia menjelaskan total mitra UMKM Alfamart dan…
Cegah Corona, Alfamart Gandeng LazisMu Salurkan Donasi Konsumen untuk Penyemprotan Disinfektan Fasil
Senin, 23/03/20 20:37 WIB
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menggandeng Yayasan Lazis Muhammadiyah (LazisMu) menggerakkan untuk melakukan penyemprotan desinfektan kepada sejumlah rumah ibadah dan fasilitas publik lainnya di sejumlah wilayah Indonesia, sejak 16 Maret 2020. Terhitung hingga hari ini, Senin (23/3), sudah puluhan lokasi yang menjadi objek penyemprotan. Menggunakan donasi konsumen, Alfamart dan LazisMu menargetkan total ada 150 titik penyemprotan untuk mendukung pencegahan penyebaran Virus COVID-19. Tim relawan terdiri dari petugas penyemprotan desinfektan yang profesional. Penyemprotan dilakukan pada area dalam maupun luar bangunan dengan menggunakan cairan desinfektan dan dilengkapi perangkat alat pelindung diri (APD). “Kesigapan Alfamart untuk pencegahan penyebaran virus ini terus digalakan. Selain pencegahan di sisi internal karyawan perusahaan, kami juga melakukan kegiatan di lokasi-lokasi publik dan rumah ibadah. Harapannya bisa membantu…
Ribuan Tiket Mudik Gratis dari Alfamart
Rabu, 12/06/19 11:02 WIB
Sebagai perwujudan toko komunitas, Alfamart ingin memberi manfaat lebih kepada pelanggan setianya. Pada momen Idul Fitri 2019 ini, Alfamart membagikan total 2310 tiket mudik gratis dalam program Mudik Asyik 2019. Sebanyak 2160 peserta dalam 40 bus diberangkatkan serentak dari kawasan Taman Mini Indonesia Indah pada Rabu (29/5/19). Bus-bus tersebut menuju 5 kota yakni Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan Surabaya. Sedangkan 150 tiket lainnya lewat jalur udara atau pesawat ke Medan, Palembang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Makassar. Ryan Alfons Kaloh, Marketing Direktur Alfamart mengungkapkan program mudik gratis ini merupakan kegiatan tahunan yang diberikan Alfamart kepada konsumen dengan beberapa ketentuan. “Mudik Asyik 2019 merupakan salah satu aktivasi Alfamart untuk mendekatkan perusahaan dengan konsumen yang selama ini loyal terhadap Alfamart,” ucapnya.…
Perbaikan Layanan & Memberikan Kenyamanan Belanja  Menjadi Fokus Alfamart 2018
Kamis, 16/05/19 09:35 WIB
TANGERANG - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Perseroan) kembali melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Kantor Pusat Alfamart Tangerang, Kamis (16/05/2019). Agenda utama RUPS Tahunan kali ini meliputi persetujuan Laporan Tahunan dan pengesahan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2018, penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2018, penunjukan dan penetapan honorarium akuntan publik yang akan mengaudit pembukuan Perseroan untuk tahun buku 2019 serta persyaratan lain sehubungan dengan penunjukan akuntan publik tersebut, penentuan honorarium dan tunjangan lainnya dari anggota Dewan Komisaris Perseroan serta persetujuan atas penyesuaian Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan.
No related posts available!