logo_alfamart.png
eng_icon.png English ind_icon.png Bahasa
en.png id.png callcenter.png
Alfamart Alfamidi Bangun 65 Unit Rumah Layak Huni PERESMIAN - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (tengah) didampingi Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin (kiri) dan Komisaris Alfamart, Pudjianto (kanan) menandatangani prasasti tanda diresmikannya 65 Rumah Layak Huni hasil donasi konsumen Alfamart yang dinamakan Kampung Alfamart, di Desa Kalialang Baru, Semarang, Selasa (26/05/2015).
DONASI KONSUMEN

Alfamart Alfamidi Bangun 65 Unit Rumah Layak Huni

Kerja Sama dengan Habitat For Humanity Indonesia

SEMARANG – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pemilik jaringan Alfamart Alfamidi) dan Habitat for Humanity Indonesia meresmikan pembangunan Kampung Alfamart di Desa Kalialang Baru, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Selasa (26/5/2015).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah, Maladiyanto, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Bowo Suryoko, serta Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Semarang, Agus Riyanto.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, pembangunan Kampung Alfamart ini merupakan hasil donasi konsumen yang difasilitasi oleh Habitat for Humanity (HFH) Indonesia Foundation.

“Ada sekitar 65 unit rumah layak huni dalam Kampung Alfamart. Biaya pembangunan setiap unit rumah sekitar Rp 35-40 juta,” katanya di sela acara.

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia James Tumbuan menjelaskan program kemitraan dengan Alfamart-Alfamidi ini merupakan kali kedua setelah program serupa bertajuk Rumah Untuk Indonesia dilaksanakan pada 2013-2014.

“Data menyebutkan, sebanyak 7,9 juta unit rumah di Indonesia berstatus tidak layak huni. Masyarakat tersebut tentunya membutuhkan bantuan banyak pihak, termasuk perusahaan swasta seperti Alfamart Alfamidi ini,” ungkap James.

Pembangunan 65 unit rumah tersebut berasal dari donasi konsumen Alfamart Alfamidi selama periode 16 Mei–15 Juni 2014 yang jumlahnya hampir menyentuh Rp 2,113 miliar. Peletakan batu pertamanya berlangsung pada 9 Juni 2014.

Menurut Solihin, program Kampung Alfamart ini merupakan penyaluran bantuan pelanggan Alfamart kepada masyarakat tidak mampu yang belum memiliki rumah layak huni.

“Rumah layak huni merupakan kemewahan bagi masyarakat pra sejahtera. Kami bersama konsumen ingin membantu mereka agar memiliki rumah yang lebih layak sehingga kualitas hidupnya dapat meningkat. Rumah-rumah yang kondisinya tidak layak di Desa Kalialang Baru tersebut, dirobohkan dan dibangun ulang,” jelasnya.

Warga Desa Kalialang Baru mengaku puas dan senang dengan keberadaan program Bedah Rumah melalui Kampung Alfamart tersebut, sebab mereka juga dilibatkan dalam proses penyelesaian pembangunannya.

“Pembangunan rumah disesuaikan dengan kondisi masing-masing rumah, ada yang atapnya menggunakan trap atau tipe biasa, karena itu antara satu Rukun Tetangga (RT) dengan RT yang lain berbeda,” imbuhnya.

Lokasi pembangunan Kampung Alfamart selanjutnya akan dibangun di daerah Batam, setelah Batam akan ada lagi daerah lainnya.

“Kami masih survei, sebab lahan yang akan dibangun Kampung Alfamart syaratnya harus lahan sendiri dan bukan lahan negara atau lahan sengketa. Selain itu, kami juga merancang agar program ini tidak tumpang tindih dengan program permukiman milik pemerintah,” kata Solihin. 

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi program kemitraan Alfamart-HFH Indonesia Foundation untuk membantu keluarga tidak mampu memiliki rumah layak huni. "Kami sebenarnya punya program perbaikan sebanyak 2.000 rumah layak huni selama lima tahun. Namun, karena lokasinya menyebar di 16 kecamatan, tidak terlalu terlihat," ungkapnya. Maka dari itu, Hendi (sapaan akrab Hendrar Prihadi) menginstruksikan jajarannya yang terkait untuk meniru program pembangunan rumah di setiap kawasan sekitar 50-100 unit agar makin optimal.

Imbas Covid-19 Alfamart dan Alfamidi Gratiskan Biaya Sewa Tenant kepada lebih dari 12.000 UMKM
Selasa, 28/04/20 22:05 WIB
Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda, Alfamart dan Alfamidi memberi keringanan kepada mitra UMKM atau tenant yang berjualan di depan gerainya berupa pembebasan biaya sewa, manajemen telah memutuskan pembebasan biaya sewa periode April s/d Mei 2020 Pembebasan biaya sewa selama dua bulan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR Alfa Group kepada mitra UMKM nya agar bisa bertahan dan meringankan beban usaha mereka. "Kami sadar pandemi ini berdampak ke banyak aspek, terutama kepada UMKM yang mengalami tantangan semakin keras, untuk itu inisiatif kami adalah memberi pembebasan biaya sewa kepada tenant di depan gerai periode April kemarin hingga Mei,” jelas Solihin, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Lebih lanjut ia menjelaskan total mitra UMKM Alfamart dan…
Cegah Corona, Alfamart Gandeng LazisMu Salurkan Donasi Konsumen untuk Penyemprotan Disinfektan Fasil
Senin, 23/03/20 20:37 WIB
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menggandeng Yayasan Lazis Muhammadiyah (LazisMu) menggerakkan untuk melakukan penyemprotan desinfektan kepada sejumlah rumah ibadah dan fasilitas publik lainnya di sejumlah wilayah Indonesia, sejak 16 Maret 2020. Terhitung hingga hari ini, Senin (23/3), sudah puluhan lokasi yang menjadi objek penyemprotan. Menggunakan donasi konsumen, Alfamart dan LazisMu menargetkan total ada 150 titik penyemprotan untuk mendukung pencegahan penyebaran Virus COVID-19. Tim relawan terdiri dari petugas penyemprotan desinfektan yang profesional. Penyemprotan dilakukan pada area dalam maupun luar bangunan dengan menggunakan cairan desinfektan dan dilengkapi perangkat alat pelindung diri (APD). “Kesigapan Alfamart untuk pencegahan penyebaran virus ini terus digalakan. Selain pencegahan di sisi internal karyawan perusahaan, kami juga melakukan kegiatan di lokasi-lokasi publik dan rumah ibadah. Harapannya bisa membantu…
Ribuan Tiket Mudik Gratis dari Alfamart
Rabu, 12/06/19 11:02 WIB
Sebagai perwujudan toko komunitas, Alfamart ingin memberi manfaat lebih kepada pelanggan setianya. Pada momen Idul Fitri 2019 ini, Alfamart membagikan total 2310 tiket mudik gratis dalam program Mudik Asyik 2019. Sebanyak 2160 peserta dalam 40 bus diberangkatkan serentak dari kawasan Taman Mini Indonesia Indah pada Rabu (29/5/19). Bus-bus tersebut menuju 5 kota yakni Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan Surabaya. Sedangkan 150 tiket lainnya lewat jalur udara atau pesawat ke Medan, Palembang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Makassar. Ryan Alfons Kaloh, Marketing Direktur Alfamart mengungkapkan program mudik gratis ini merupakan kegiatan tahunan yang diberikan Alfamart kepada konsumen dengan beberapa ketentuan. “Mudik Asyik 2019 merupakan salah satu aktivasi Alfamart untuk mendekatkan perusahaan dengan konsumen yang selama ini loyal terhadap Alfamart,” ucapnya.…
Perbaikan Layanan & Memberikan Kenyamanan Belanja  Menjadi Fokus Alfamart 2018
Kamis, 16/05/19 09:35 WIB
TANGERANG - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Perseroan) kembali melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Kantor Pusat Alfamart Tangerang, Kamis (16/05/2019). Agenda utama RUPS Tahunan kali ini meliputi persetujuan Laporan Tahunan dan pengesahan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2018, penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2018, penunjukan dan penetapan honorarium akuntan publik yang akan mengaudit pembukuan Perseroan untuk tahun buku 2019 serta persyaratan lain sehubungan dengan penunjukan akuntan publik tersebut, penentuan honorarium dan tunjangan lainnya dari anggota Dewan Komisaris Perseroan serta persetujuan atas penyesuaian Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan.
Hari Bumi, Alfamart Bekali ‘Pasukan Oranye’ Ilmu Daur Ulang Sampah
Kamis, 25/04/19 15:03 WIB
Jakarta - Banyak cara untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April lalu, salah satunya adalah dengan memanfaatkan sampah menjadi barang ekonomis atau mendaur ulang.   Seperti yang dilakukan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola ritel modern Alfamart di Kantor Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat Selasa (23/04). Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari Petugas Prasarana dan Sarana atau yang kita kenal sebagai Pasukan Oranye.   Menurut Yudi Sobari, Branch Manager Alfamart cabang Cikokol, Pelatihan Daur Ulang Sampah hari ini berangkat dari realitas bahwa banyak masyarakat yang tahu betapa pentingnya menjaga bumi namun sedikit yang melakukan aksi nyata.   “Para ‘pasukan oranye’ adalah salah satu contoh dari sebagian masyarakat yang memberi kontribusi besar dalam menjaga kelestarian lingkungan, oleh karenanya kami…